Selasa, 05 Mei 2009

stress

Akibat Yang ditimbulkan kerena stress pada Ternak

Stress menyebabkan sekresi keerja adrenalin bertambah. Kerja adrenalin adalah menaikkan kadar gula darah dengan merangsang pemecahan glikogen menjadi glikosa, baik dari jaringan hati maupun otot yang dilaksanakan oleh hormaon glukagon (Olu Sanya, 1985). Dinyatakan lebih lanjut bahwa fungsi adrenalin dan hormone glukagon merupakan bagian reaksi terhadap stress yaitu sebagai sumber sumber energi yang segera digunakan.

Ditambah pula bahwa adrenalin ber5enteraksi dengan reseptor pada membrane sel yang mengaktikan adenilat siklase yang mengubah ATP menjadi cAMP ( sebagai second messenger). Pembentukan glukosa darah yang cepat oleh adrenalin menyebabkan percepatan denyut jantung, vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah karena otak mengalami relaksasi), Vasokontriksi (penyempitan pembuluh darah karena otot mengalami kontraksi) (Olusanya, 1985).

Penyebab stress bermacam-macam seperti cuaca yang sangat panas, kurangnya pakan dan minum serta kelainan fisiologi (Allyn dan Ejarko, 1936). Dijelaskan lebih lanjut bahwa stress pengangkutan akan menimbulkan sekresi hormone adrenalin, dan hormone tersebut akan menimbulkan kontraksi pad spincter alat/ saluran pencernaan dan diduga dapt merangsang pembebasan feses, sisa pakan akan terdorong dari intestine (usus) kekolon , terus kerectum dan akhirnya keluar melalui anus.

Daftar pustaka

Allyn, D.A. dan K. Ejorka 1956. Livestock Marketing. Mc Graw Hill Book Company. Inc., न्यूयार्क

Olusanya Segun. A985. Anatomi And Pshyology Of Tropical Livestock. Longman Group Limited, London.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar